Sunday 25 February 2018

Pramuka Garuda

A.              Pengertian Pramuka Garuda
Pramuka Garuda ialah tingkat atau tanda kecakapan tertinggi pramuka dalam setiap golongan baik itu golongan Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak maupun Pramuka Pandega. Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda diatur dalam  SK Kwartir Nasional Nomor 101 tahun 1984 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.
Bentuk penghargaan Pramuka Garuda ialah sebuah medali yang pemakaiannya dikalungkan, warna pita yang dipakai menyesuaikan tingkatan anggota Pramuka. Medali berbentuk segi lima bergambar Burung Garuda memiliki tunas kelapa di dadanya dan bertuliskan ” SETIA, SIAP, SEDIA “. Ada dua macam bentuk diantaranya medali dipakai untuk upacara upacara pramuka atau kegiatan tertentu yang bersifat formal, yang kedua yaitu dalam  bentuk kain yang digunakan untuk kegiatan sehari hari.
B.      Cara Menjadi Pramuka Garuda
Salah satu hal yang menjadi ciri khas bagi para anggota pramuka ialah penggunaan tanda kecakapan di seragam yang menjadikan seragam pramuka semakin semarak namun tetap keren. Tanda kecakapan adalah tanda yang diberikan sebagai simbol penghargaan atas pencapaian kecakapan seorang pramuka. Seiring bertambahnya jumlah tanda kecakapan yang disematkan, maka semakin cakap pula pramuka yang mengenakannya, dan tentunya mereka pantas bangga untuk itu.
Kita mengenal tiga jenis tanda kecakapan yakni tanda kecakapan umum (TKU), tanda kecakapan khusus (TKK), dan tanda kecakapan Pramuka Garuda. Tanda tanda kecakapan ini dapat dijadikan sebagai penyemangat dalam kegiatan pramuka di gugus depan. Untuk mendapatkannya pun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Membutuhkan sebuah proses panjang, melalui berbagai tes dan ujian sehingga seorang pramuka berhak untuk memakainya. Dari ketika tanda kecakapan tesebut, bisa dibilang pramuka garuda merupakan tingkatan tertinggi dari seluruh tanda kecakapan. Pramuka garuda memerlukan kombinasi pencapaian TKU & TKK untuk dapat mencapainya juga.
Tanda kecakapan pramuka garuda berupa emblem berbentuk segilima yang dikalungkan di leher pramuka yang telah lulus persyaratannya. Tanda ini dikalungkan dengan menggunakan tali pita merah putih. Tidak seperti tanda kecakapan umum & khusus, tanda kecakapan pramuka garuda tidak dapat dilantik di gugus depan masing masing. Memerlukan persetujuan kwartir untuk dapat memutuskan berhak tidaknya seseorang pramuka untuk dilantik menjadi seorang pramuka garuda. Dan untuk proses pelantikannya pun seringkali dilaksanakan pada sebuah upacara besar kepramukaan.
Untuk mencapai tanda kecakapan pramuka garuda, seorang pramuka harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut :
  1. Menjadi contoh yang baik dalam gugusdepan, di rumah, di sekolah, di tempat kerja atau di dalam masyarakat, sesuai dengan isi Trisatya dan Dasadarma.
  2. Memahami Undang-undang Dasar 1945.
  3. Telah menyelesaikan SKU tingkat tertinggi di golongan kepramukaannya (Tata, Terap, Laksana, Pandega).
  4. Telah memiliki Tanda Kecakapan Khusus, sedikit-dikitnya sepuluh macam dari tiga bidang Tanda Kecakapan Khusus, sedikitnya satu macam TKK tingkat Utama dan tiga macam TKK tingkat Madya, Lima buah TKK pilihan, yang dapat dipilih di antara TKK yang telah ditetapkan dengan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
  5. Sedikit-dikitnya sudah tiga kali mengikuti pertemuan-pertemuan Pramuka untuk golongan siaga/penggalang/penegak/pandega, di tingkat ranting, cabang, daerah, nasional atau internasional.
  6. Untuk tingkatan penegak dan pandega telah tergabung dalam Satuan Karya, dan dapat menyelenggarakan suatu proyek produktif yang bersifat perorangan atau bersifat bersama, sesuai dengan Satuan Karya yang diikutinya.
  7. Dapat membuktikan dirinya sebagai penabung Tabanas yang rajin dan teratur.
  8. Dapat mempertunjukkan kecakapannya di depan umum dalam salah satu bidang seni budaya, atau membantu menyelenggarakan pertunjukan kesenian.
  9. Dapat menjalankan dan memimpin salah satu cabang olah raga, yang dipilih dari cabang olahraga atletik, renang, senam, bela diri, gerak jalan atau cabang olah raga lainnya.
  10. Pernah ikut serta dalam kegiatan memikirkan, merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan pembangunan masyarakat di lingkungannya.
Melihat beberapa persyaratan diatas, maka bukan sesuatu yang mengherankan bila seorang pramuka yang telah berhasil mencapai tingkatan pramuka garuda dapat berbangga atas pencapaian yang diperolehnya. Oleh karenanya buat sobat pramuka semuanya, jangan cepat berpuas diri hanya dengan mencapai TKU rakit, atau bantara saja. Kejarlah juga sebanyak banyaknya tanda kecakapan, lalu pantaskan diri kalian untuk dapat mengalungkan tanda pramuka garuda di leher kalian.

0 comments:

Post a Comment