Friday 10 November 2017

Beda Paskibra dengan Paskibraka



Hai Semua di Blog kali ini saya akan menjelaskan tentang Apa sih bedanya PASKIBRA dan PASKIBRAKA?. Simak terus ya.
Bagi sebagian pelajar Republik Indonesia, menjadi pasukan pengibar bendera adalah hal yang membanggakan. Menjadi pusat perhatian ketika upacara berlangsung, dengan penuh keyakinan bertugas mengibarkan dan atau menurunkan Bendera Merah Putih. Umumnya, pasukan pengibar bendera berasal dari ekstrakurikuler Paskibra. Jadi apa sih bedanya PASKIBRA dan PASKIBRAKA?
PASKIBRA merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk memupuk semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara, kepeloporan dan kepemimpinan, berdisiplin dan berbudi pekerti luhur dalam rangka pembentukan character building generasi muda Indonesia.
Peserta kegiatan ini adalah siswa / siswi yang berminat / memiliki rasa ingin mempelajari kegiatan ekstrakuriluler paskibra. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler ini adalah mempelajari praktek baris-berbaris (PBB)  dan bagaimana mengibarkan /  menurunkan Bendera pada setiap Upacara rutin di sekolah atau memperingati hari Proklamasi pada tanggal 17 Agustus dan upacara bendera hari besar nasional lainnya.
Sejarah Umum

PASKIBRAKA adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di 3 tempat, yakni tingkat Kabupaten/Kota (Kantor Bupati/Wali Kota), Provinsi (Kantor Gubernur), dan Nasional (Istana Merdeka). Anggotanya berasal dari pelajar SMA Sederajat kelas 1 atau 2. Penyeleksian anggotanya biasanya dilakukan sekitar bulan April untuk persiapan pengibaran pada 17 Agustus. Selama waktu seleksi sampai 16 Agustus, seorang anggota calon Paskibraka dinamakan "CAPASKA" atau Calon Paskibraka. Pada waktu penugasan 17 Agustus, anggota dinamakan "PASKIBRAKA", dan setelah 17 Agustus, dinamakan "PURNA PASKIBRAKA".
Tingkatan Paskibraka ada tiga yaitu:
·         Paskibraka Nasional - bertugas di Istana Negara
·         Paskibraka Propinsi - bertugas di Pusat pemerintahan gubernur propinsi
·         Paskibraka Kota - bertugas di Pusat pemerintahan walikota/kabupaten



Untuk menjadi anggota Paskibra maupun Paskibraka, ada seleksi-seleksi yang harus diikuti. Seleksi Paskibra disesuaikan dengan kebijakan di masing-masing sekolah. Kebanyakan hanya dengan tes fisik saja. Namun, ada beberapa sekolah yang menyertakan tes tulis sebagai persyaratan masuk keanggotaan Paskibra. Sedangkan seleksi Paskibraka, jauh lebih ketat dari yang kita pikirkan. Untuk persiapan Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI di bulan Agustus, seleksi Paskibraka telah dimulai sejak bulan Maret-April di tingkat kota. Peserta yang lolos seleksi tingkat kota, selanjutnya akan mengikuti seleksi tingkat provinsi pada bulan Mei. Hasil dari seleksi tingkat provinsi yaitu didapat dua pasang putra dan putri untuk melanjutkan seleksi tingkat nasional. Terakhir, dari dua pasang putra dan putri calon Paskibraka dikerucutkan menjadi satu pasang saja. Sehingga diperoleh satu pasang Paskibraka yang mewakili setiap provinsi pada tingkat nasional. Sungguh seleksi yang panjang dan melelahkan.


3 comments: